Haruskah Kita Beralih dari Windows 32-bit ke 64-bit

Sejauh ini windows mengeluarkan sistem operasi dalam dua versi, yaitu 32-bit dan 64-bit. Perbedaannya ialah jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu. Istilah 32-bit and 64-bit merujuk pada cara prosesor komputer, menangani informasi, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus. Analoginya bit itu diibaratkan sebagai kondisi dan lebar jalan, sedangkan komputer kalian adalah mobil. Mobil sekelas Ferari ataupun Bugatti tidak akan dapat mencapai puncak performanya apabila digeber di jalan yang sempit dan berlubang.
Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan terkadang dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.

terkait software, Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat bervariasi. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasi.

Table Perbedaan 32 bit dengan 64 bit

Tips : karena performa 64 bit lebih bagus, bukan berarti kita harus memilih yang 64 bit, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
  1. Pastikan processor support dengan OS 64-bit
  2. RAM minimal 2 gb, itupun udah mepet banget, kalau saya pribadi menyarankan minimal 4 gb, jika tidak, bukan performa bagus yang didapat, tetapi komputer malah akan lelet. karena 64 bit 'rakus' akan RAM.
  3. perhatikan support driver pada OS 64 bit, apabila vendor tidak menyediakan, mendingan urungkan saja niat kalian.
  4. buat kalian para gamer, sebelum kalian meng-install OS 64 bit, pastikan dulu game kesukaan kalian support. karena jika tidak game kalian bisa tidak jalan.

Category:

1 comments:

Instal Windows said...

Izin share gan. :)

Post a Comment